TDW

Sunday, May 18, 2008

Temu Akrab Kaum Muda Khatolik ( TAKMK ) Se-Dekenat utara ( Wilayah Kepulauan Riau )

Saatnya Orang Muda Katolik Bertindak
Orang mengatakan bahwa generasi muda adalah masa depan dan harapan Gereja, tulang punggung Gereja. Namun pernyataan itu hanya sebatas pada wacana dan kurang ada aksi nyata yang maksimal, belum banyak tindakan konkrit oleh orang muda dan usaha dari orang muda itu sendiri untuk berbuat sesuatu yang didukung oleh para tokoh pilitik Katolik yang lebih tua. Gagasan dibawah ini sekedar mengingatkan kita tentang hakekat Gereja berhadapan dengan dunia. Bagaimana Gereja berkiprah dalam tata dunia dan visinya dalam berpolitik sesuai dengan ajaran Konsili Vatikan II dan Hukum Gereja.

Panggilan Gereja (Orang Muda Katolik) dalam panggung Politik
Dalam politik praktis warga Gereja (OMK) bebas memilih sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Meskipun demikian tidaklah bebas semua semaunya tanpa ada rambu-rambu moral, etika bahkan sopan-santun yang diinspirasi oleh nilai-nilai ajaran Katolik. Dalam berpolitik hendaknya berpedoman kepada kearifan yang sudah teruji dari tokoh Gereja dan Pahlawan Negara: Mgr. Albertus Soegijapranata yang menyatakan:
1. In Principiis Unitas : Dalam soal prinsip: persatuan.
2. In Dubiis Libertas : Dalam hal - hal yang masih terbuka: kebebasan.
3. In Omnibus Caritas : Dalam segala hal: kasih.

Bagi kita orang muda Katolik atau umat Katolik pada umumnya, usaha kita terlibat dalam politik praktis bukanlah sebagai sarana atau kendaraan untuk melebarkan sayap Gereja. Ekspansionisme dan Proselitisme (mencari kawan sebanyak-banyaknya) sudah bukan waktunya. Tugas utama kita adalah ikut menyumbangkan jasa agar Indonesia semakin menjadi negara dan masyarakat yang lebih baik
(Gereja dan Politik, D. Gusti Bagus Kusumawanta, Pr dwanta61.multiply.com )


Nama Kegiatan :
Temu Akrab Kaum Muda Khatolik ( TAKMK ) Se-Dekenat utara ( Wilayah Kepulauan Riau ) Keuskupan Pangkalpinang

Tanggal Kegiatan : 04 – 06 Juli 2008

Lokasi Kegiatan
Paroki Beato Damian Bengkong ( Komplek Sekolah SMA Yos Sudarso Batam Centre Batam )
Kelompok sasaran : kaum muda karya, kaum muda yang belum berkeluarga hingga usia 40 tahun, Mahasiswa dan pelajar sekolah menengah umum ( SMU ) atau setingkatnya.


Gambaran :
Kegiatan Temu Akrab Kaum Muda Katolik Se-Dekenat Utara akan diadakan di Paroki Beato Damian Batam tepatnya dikompleks Sekolah SMU Yos Sudarso Batam, pada tanggal 04-06 Juli 2008. Jumlah peserta kurang lebih 220 orang, termasuk panitia pelaksana, pendamping dan peserta sendiri.


Penerapan tema ini akan dikemas dalam bentuk doa dan ekaristi, kuis kitab suci dan katolisitas, seminar ( Peran serta kaum muda dalam Politik Indonesia, Kepulauan Riau khususnya ) beserta diskusi kelompok, olahraga dan kerja bakti social bersama dinas kebersihan taman kota batam serta kegiatan keratifitas orang muda lainnya. Seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan perayaan Ekaristi bersama

2 comments:

Anonymous said...

Selamat. Semoga sukses. Kaum muda Katolik harus tahu politik dan mau terjun ke politik.

Pro Ecclesia Et Patria!!!

Joe Purba said...

Thanks lae. Acara besar moga-moga berguna